Yuk, Wisata 5 Candi Berikut di Jogja!

Menginap di hotel unik dan instagramable di Jogja rasanya kurang lengkap jika tidak wisata keliling Kota Pelajar ini. Apalagi wisata yang unik, instagramable, dan hanya ada di Yogyakarta dan sekitarnya saja. Hmm, wisata apa ya?

Wisata candi di Jogja, yuk! Selain akan mendapatkan foto yang unik dan instagramable, kamu juga akan belajar banyak hal tentang sejarah. Kira-kira candi apa saja yang bisa dikunjungi di sekitaran Jogja? Simak ulasan berikut, ya!

Candi Prambanan

Candi Hindu terbesar di Indonesia ini aslinya memiliki 240 candi. Namun sayangnya tinggal 18 candi saja yang berhasil dipugar. Di dalamnya terdapat candi utama yang dipersembahkan untuk 3 dewa Hindu tertinggi, yaitu Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa. Di Candi Prambanan, sering diadakan pementasan sendratari Ramayana pada malam hari. Selain itu, Candi Prambanan tiap tahunnya juga mengadakan pertunjukan musik jazz bertajuk Prambanan Jazz yang selalu ramai pengunjung.

Candi Borobudur

Candi terbesar dan termegah di dunia versi UNESCO ini memang menjadi incaran utama ketika ingin wisata candi. Namun tahukah kamu letak persisnya Borobudur dimana? Jika kamu menjawab Yogyakarta, salah besar. Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Masih Jogja dan sekitarnya, kok. Tempat ibadah umat Buddha ini dibangun oleh Raja Samaratungga dan baru selesai pada abad ke-9. Terhitung membutuhkan waktu sekitar 75 tahun untuk membangun candi terluas ini.

Candi Plaosan

Candi ini cukup unik karena dibangun untuk tempat ibadah umat Buddha, namun arsitekturnya kental dengan karakter candi Hindu. Candi ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Plaosan Kidul dan Plaosan Lor. Walaupun terlihat mirip, keduanya terdapat perbedaan. Pada Candi Plaosan Kidul, terdapat relief yang menggambarkan tentang pria. Sedangkan sebaliknya, pada Candi Plaosan Lor terdapat relief yang melukiskan tentang Wanita. Jika ingin mengunjungi Candi Plaosan, kamu bisa datang ke Desa Bugisan, Prambanan.

Candi Ijo

Candi tertinggi di Jogja ini berada di Desa Sambirejo, Sleman. Lokasinya sangat adem dan nyaman karena berada di atas bukit. Jika dilihat dari bentuknya, candi Hindu ini agak unik karena berbentuk seperti teras berundak. Selain udara dan suasananya yang nyaman, kamu dapat melihat kota Yogyakarta sembari menikmati matahari terbenam dari atas sana.

Candi Gebang

Candi ini sungguh berbeda dengan Candi Borobudur dari skalanya karena Candi Gebang memiliki ukuran yang kecil, yakni hanya 5,25 x 5,25 cm dan tingginya 8 m. Candi Hindu ini juga agak berbeda karena tidak ada relief pada bangunannya. Jika kamu penasaran dengan Candi Gebang, susuri Desa Wedomartini di Sleman. Jaraknya kurang lebih hanya 11 km dari kota Jogja, jadi tidak terlalu jauh jika kamu menginap di kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.