Bukan Hanya Dapat Memperlancar ASI, Ini 7 Manfaat Lain dari Daun Katuk

Dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Desember 2022

“Daun katuk tidak hanya untuk melancarkan ASI, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Ini termasuk meningkatkan antioksidan dalam tubuh.”

Daun Katuk merupakan salah satu tanaman yang terkenal mampu mengeluarkan ASI pada ibu pascapersalinan. Meski tidak hanya itu, ada banyak manfaat daun ini jika dikonsumsi secara rutin. Memasukkan sayuran ini dalam menu konsumsi sehari-hari dapat membuat tubuh sehat secara keseluruhan.

Berbagai Manfaat Daun Katuk bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan antioksidan dalam tubuh

Makanan sehat ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Beberapa yang sangat terdeteksi dari sayuran ini adalah polifenol dan senyawa ionik. Ketika tubuh mendapatkan antioksidan yang cukup, perlindungan sel-sel tubuh terhadap kerusakan dan peradangan akibat radikal bebas dapat terjadi.

  1. Mempercepat proses penyembuhan

Daun katuk juga memiliki kemampuan untuk membuat penyembuhan terjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi mampu membantu pembentukan kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun katuk secara rutin, waktu pemulihan luka bisa lebih efektif.

  1. Mencegah infeksi bakteri

Daun katuk juga dapat mencegah infeksi bakteri, termasuk yang dapat menyebabkan pneumonia dan bakteremia. Manfaat ini karena ekstrak etanol yang ada dapat mengontrol pertumbuhan bakteri berbahaya tersebut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, konsumsilah daun katuk secara rutin.

  1. Menurunkan gula darah

Seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan manis memiliki risiko diabetes yang tinggi, sebagai akibat dari peningkatan gula darah. Daun katuk diduga memiliki zat yang dapat mengurangi risiko diabetes, sehingga kadar gula dalam tubuh dapat terjaga pada tingkat normal.

  1. Mencegah sembelit

Sembelit juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan konsumsi sayuran ini. Kandungan serat yang tinggi saat mengonsumsinya dapat mencegah sembelit. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, cobalah makan sayuran katuk.

  1. Mencegah obesitas

Seperti pada sayuran hijau pada umumnya, daun katuk juga mengandung beberapa zat yang dapat mencegah obesitas. Beberapa di antaranya adalah flavonoid dan serat, bahan yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, makan tidak berlebihan.

Selain itu, mengkonsumsi tanaman ini juga memungkinkan seseorang untuk mempertahankan berat badan, karena untuk setiap 100 gram daun katuk yang dikonsumsi ada 1 gram lemak. Karena itu, sayuran ini baik untuk dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari.

  1. Peningkatan kualitas sperma

Kabar gembira bagi pria yang ingin meningkatkan kesuburan, daun katuk justru dapat meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan. Ternyata, sayuran ini mengandung zat aktif yang dapat merangsang hormon testosteron. Ia mampu membangkitkan vitalitas seksual dan meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan.

Itulah berbagai manfaat mengonsumsi daun katuk selain meningkatkan produksi ASI pada wanita. Oleh karena itu, sayuran ini tidak hanya harus dikonsumsi oleh wanita, pria juga bisa mendapatkan manfaatnya. Usahakan untuk mengkonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Referensi:

Makanan Vietnam. Diakses pada 2022. Manfaat dan resep obat luar biasa dari daun gooseberry bintang

Herbal itu istimewa. Diakses tanggal 2022. Daun manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *