jambu kristal

8 Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Tubuh

Jambu kristal( Psidium guajava), merupakan jenis lain dari buah jambu biji yang telah lama terdapat di Indonesia. Buah ini merupakan pemindahan dari jambu Muangthai Pak yang ditemui pada 1991 di District Kao Shiung, Taiwan, dan diperkenalkan di Indonesia oleh misi teknikTaiwan.

Walaupun masih sebagian dari jambu biji, jambu kristal mempunyai beberapa idiosinkrasi. Tidak hanya lebih manis dari jambu biji biasa, jambu kristal pula mempunyai jumlah biji yang lebih sedikit, yaitu kurang dari 3 persen, sehingga kerap diucap dengan jambu biji putih tidak berbiji. Buah ini juga dapat tumbuh sepanjang tahun alhasil Kamu dapat mengkomsumsinya tiap saat.

Tidak cuma itu, jambu kristal juga mempunyai isi vitamin atau nutrisi yang berlimpah. Oleh sebab itu, mengkomsumsi buah ini dapat menolong memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh Kamu tiap harinya.

Manfaat atau khasiat dari buah jambu kristal

Berdasar pada kandungan tersebut, manfaat atau khasiat yang bisa Kamu peroleh dengan mengkomsumsi buah jambu biji kristal merupakan:

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Tingginya kandungan vitamin C pada jambu kristal menghasilkan buah ini berfungsi untuk membantu tingkatkan sistem imunitas tubuh Kamu. Kandungan vitamin ini bertabiat antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas, dan penting untuk perkembangan dan perbaikan jaringan di semua tubuh. Dengan begitu, tubuh Kamu jadi lebih sehat dan terhindar dari bermacam penyakit.

2. Menjaga sistem pencernaan

Buah jambu kristal mempunyai kandungan serat yang lumayan besar. Dikutip dari Mayo Clinic, mengkomsumsi makanan yang tinggi serat bisa membantu menormalkan gerakan usus. Kandungan nutrisi ini dapat tingkatkan massa feses dan melembutkannya, sehingga terbebas dari sembelit. Tidak hanya itu, serat juga dapat menolong memadatkan feses yang sangat cair, sehingga dapat menghindari dan mengobati diare.

3. Menjaga kesehatan jantung

manfaat jambu kristal yang lain merupakan melindungi kesehatan jantung. Ini sebab jambu kristal memiliki kalium dan serat yang besar. Adapun kalium dan serat disebut berfungsi dalam mengontrol tekanan darah. Tidak hanya itu, mengkomsumsi serat juga bisa mengurangi peradangan pada jantung dan menolong menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam darah.

4. Menjaga ibu hamil tetap sehat

Manfaat jambu kristal dapat dirasakan oleh siapapun, termasuk untuk ibu hamil. Alasannya, jambu kristal memiliki protein dan bermacam vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin didalam kandungan. Sebagai contoh, vitamin C pada ibu hamil penting untuk perkembangan maksimal pada janin, dan membantu tingkatkan absorbsi zat besi yang diperlukan ibu hamil untuk membagikan oksigen pada bayinya.

5. Membantu mata tetap sehat

Kamu tentu telah kerap dengar jika vitamin A bagus untuk kesehatan mata Kamu. Oleh sebab itu, manfaat yang lain dari jambu kristal merupakan membantu melindungi kesehatan mata Kamu. Dengan komsumsi jambu kristal, Kamu bisa bebas dari bermacam kendala pada mata, semacam buram jauh, buram dekat, silindris, dan yang lain.

6. Menurunkan berat badan

Untuk Kamu yang lagi menurunkan berat badan, mengkomsumsi jambu kristal dapat jadi cemilan segar tiap hari Kamu. Alasannya, buah ini mempunyai kandungan kalori yang kecil, namun tinggi serat. Ada juga makanan berserat tinggi cenderung lebih mengenyangkan dari makanan berserat kecil, sehingga Kamu cenderung makan lebih sedikit dan tetap kenyang.

7. Membuat kulit tetap lembap

Sifat antioksidan dan kandungan mineral dan vitamin dalam jambu kristal memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit Kamu. Dalam nutrisi ini dipercayai bisa membantu melindungi kelembapan kulit dan mencegah penuaan. Isi vitamin C nya dipercayai bisa membantu menanggulangi permasalahan kulit, semacam iritasi dan kemerahan.

8. Meredakan batuk berdahak dan flu

Manfaat jambu kristal yang lain merupakan membantu meredakan batu berdahak dan flu. Alasannya, jambu biji kristal, baik dari daun, kulit, maupun daging buahnya, memiliki flavonoid yang bertabiat antibakteri. Ada pula kandungan ini dipercayai dapat mengurangi peradangan dan tingkatkan sistem imunitas tubuh, termasuk pada pengidap batu berdahak dan flu. Tidak hanya itu, vitamin C di dalamnya juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan gejala batu berdahak dan flu yang Kamu alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *